Samadengankata-Kita sepakat bahwa Influencer marketing dan social media marketing dua hal yang berbeda, namun bisa dibilang mereka dalam satu kolam yang sama, menjadikan social media sebagai "wadah" untuk menjalankan bisnis, atau menjadikan social media sebagai medium untuk merancang strategi marketing yang berbasi online.
Influencer marketing adalah strategi pemasaran di mana merek atau perusahaan bekerja sama dengan individu yang memiliki pengaruh dan jumlah pengikut yang besar di platform media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan mereka kepada audiens yang relevan. dan Social media marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan platform media sosial sebagai alat untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek kepada audiens target. Dalam social media marketing, perusahaan atau merek berinteraksi dengan pengguna melalui berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, YouTube, dan lain sebagainya.
jadi bisa kita simpulkan kedua hal diatas saling berkesinambungan namun masing-masing memiliki peranannya, berbicara tentang social media, pasti sedikit banyaknya diisi oleh para influencer, salah satu peran penting juga, karna social media terbantu dengan adanya influencer, mereka menjalin simbiosis mutualisme atau keduanya saling menguntungkan satusama lainnya. sudah terjalin rantai ekonomi didalamnya, bagi influencer itu sendiri, social media bukan hanya wadah untuk berbagi kisah atau sekedar mendokumentasikan kegiatan mereka, namun lebih daripada itu. Hanya dengan membagikan foto saja, mereka sudah bisa menghasilkan uang, dan masih banyak cara dan trik untuk mendapatan pundi-pundi rupiah disocial media, dan salah satu penggelutnya tidak lain dan tidak bukan Para influencer didalamnya.
Mempunyai brand endorser adalah salah satu cara yang cukup penting untuk mendorong brand di zaman sekarang ini.
Baca juga : apa saja yang harus disiapkan menjadi seorang Blogger?
Kenapa influencer marketing sangat menarik, menurut saya adalah karena marketing ini sangat fokus dan spesifik dibandingkan social media marketing yang lebih berusaha menjaring banyak kemungkinan (mensponsori orang yang dikagumi oleh target market suatu brand sudah pasti akan lebih meyakinkan mereka untuk membeli produk brand tersebut, apalagi kalau reputasi influencer tersebut sangat bagus di mata audiensnya).
Tapi biasanya influencer marketing cocok dijalankan dengan social media marketing dan content marketing karena ada banyak proyek influencer yang berkaitan erat dengan elemen konten dan media sosial.
Karena itulah, kombinasi ketiganya akan menjadikan tim yang kuat dan hasil yang luar biasa.
wasalam.